WARTA MERDEKA

Dunie akuin Sekarang nih Langit Indonesia Mangkinan Aman

Jakarta (WartaBetawi) – Banyak pujian dari dunia penerbangan Indonesia. Kagak tanggung-tanggung nyang muji ntuh lembaga internasional yang ude kesohor dalam memonitor dunia penerbangan: ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional). Menurut ICAO, faktor keselamatan penerbangan RI dari hasil On Site Visit ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) meraih angka 81,15 persen.

Hasil enih langsung ditanggapi Direktur Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso langsung bilang kalo kini tingkat keselamatan penerbangan Indonesia menjadi yang nomor dua di ASEAN. “Dengan ini maka kita jadi yang nomor dua di ASEAN, di atas kita masih ada Singapura. Tapi kan kita punya kompleksitas yang berbeda dengan Singapura,” tutur Agus kepada pers (21/11).

Marsma (Purn) Juwono Koelbion, Vice President Indonesia Aviation and Aerospace Watch juge puji prestasi tersebut. “Keberhasilan ini menunjukkan kinerja Penerbangan Indonesia diakui dengan sangat baik oleh dunia Internasional. Terutama dalam hal implementasi aturan-aturan keselamatan penerbangan Internasional yang tercantum dalam Annex 1 s/d 19 ICAO.

Kalo kate Marsekal Bintang Satu ini, pade 10 sampe 18 Oktober 2017 lalu ICAO melakukan Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) ato Audit Pengawasan Keselamatan Penerbangan di Indonesia. Audit dilakukan secare langsung (on site) melalui proses ICVM (ICAO Coordinated Validation Mission) setelah dilakukan audit dokumen (off site) pada September 2017.

Ade delapan area nyang jadi fokus ICVM dari ICAO, yaitu Legislation (LEG), Organization (ORG), Personnel Licensing (PEL), Airworthiness (AIR) , Operations (OPS), Air Navigation (ANS), Aircraft Investigation (AIG) dan Aerodromes (AGA).

Ditjen Perhubungan Udara dari awal 2017 lalu hingga saat ini pada tahap off site, hingga 10 September lalu sudah berhasil menjawab 417 dari 421 (hampir 100 persen) temuan atau finding Protocol Questions (PQs). Hasilnya telah dikirimkan oleh NCMC (National Continous Monitoring Coordinator) pada ICAO HQ melalui OLF (Online Frame Work) CMA.

“Capaian 81 persen itu diraih melalui penguasaan technical dan managerial leadership dengan cara mengajak semua stakeholder yang terlibat dalam penerbangan menyadari pentingnya keselamatan melalui pemenuhan aturan yang telah disiapkan secara konsisten,” sambung Agus.

Biar Elo pada tau kalo ICAO udeh beberape kali lakuin audit USOAP ke Indonesia nyang hasilnye kurang ngeyakinin. Pade 2007, hasil audit ICAO hanye Compliance 54 persen. Abis entuh tahun 2014, hasil Audit ICAO malah turun jadi Compliance 45 persen. Dan pade 2016 hasilnye naik sedikit jadi Compliance 51 persen (offsite Validation). Skor compliance ini masih di bawah rate-rate dunie nyang pake passing grade 63 persen.

Faktenye nunjukkin kalo pihak Indonesia udah ngelakuin berbage perbaikan. Berbage langkah koreksi dan perbaikan segere dilakuin dengan kerje keras dan kerjasame nyang apik antare regulator, operator ame segenap pemangku kepentingan penerbangan di Indonesia. .

“Untuk mempertahankan compliance yang telah dicapai ini regulator dan operator harus senantiasa menjaga dan selalu memenuhi ketentuan yg berlaku. Dan kepada operator maskapai penerbangan duminta agar selalu berpegang teguh pada ketentuan yang telah disetujui dan selalu disiplin,” pesan Juwono (ab).

Foto: Istimewa